Sejarah Pramuka Smandu

SMANDUSCOUT :

Pendirian dan Perkembangan Gudep 15273-15274 SMA Negeri 2 Medan

(dikompilasi oleh : Kak Yuli)

 

Gudep Medan 15273-15274 adalah Gugusdepan Pramuka yang berpangkalan di SMA Negeri 2 Medan. Gudep ini adalah Gugusdepan di Medan yang pertama kali didirikan dengan basis sekolah menengah atas. Sebagaimana tercatat dalam Buku Induk Gugusdepan di Kwartir Cabang Medan, Gudep ini dilantik pada tanggal 23 April 1978. Oleh karena basisnya adalah SMA, maka fokus pembinaan Gudep sejak berdiri hingga sekarang hanya pada Golongan Penegak atau selama peserta didik (pesdik) masih berstatus sebagai siswa SMA.

 

Dalam perjalanannya, Gudep mengalami beberapa fase :

  1. Tahun 1978 – 1987 : Masa awal berdirinya Gudep, kegiatan pramuka di sekolah belum begitu populer. Sedikit alumni yang tercatat pada fase ini.
  2. Tahun 1987 – 1996 : Masa kejayaan dan bangkitnya pramuka SMA Negeri 2 Medan, dapat diukur dengan banyaknya anggota, sarat prestasi dan aktif baik di dalam maupun di luar gudep. Beberapa event nasional/internasional yang pernah diikuti antara lain :
    • Perkemahan Wirakarya Nasional tahun 1991 di Probolinggo, Jawa Tengah.
    • Raimuna Nasional VI tahun 1992 di Cibubur, Jakarta.
    • The 1st World COMDECA tahun 1993 di Lebakharjo, Malang, Jawa Timur.
    • Perkemahan Bakti Saka Bhayangkara tahun 1994 di Sibolangit, Sumatera Utara.
  3. Tahun 1996 – 2008 : Masa vakum pramuka SMA Negeri 2 Medan diawali akibat terjadinya konflik dalam hubungan MABIGUS-PEMBINA-SEKOLAH, hingga semakin parah akibat reformasi sosial politik nasional 1998 yang secara drastis mengubah minat dan kepedulian kaum muda terhadap aktifitas kepramukaan yang dianggap penuh doktrin dan tidak sesuai perkembangan zaman. Ada beberapa siswa yang masih menyatakan diri sebagai anggota Pramuka, namun tidak ada pengorganisasian yang jelas dari sekolah.
  4. Tahun 2008 – 2010 : Beberapa siswa mulai mempertanyakan kembali keberadaan pramuka di SMA Negeri 2 Medan dan secara mandiri memulai kembali aktifitas kepramukaan di SMA Negeri 2 Medan. Hal ini didukung pula oleh Kepala Sekolah hingga Pramuka kembali diakui sebagai salah satu organisasi ekstrakurikuler di lingkungan SMA Negeri 2 Medan. Banyak pembenahan yang harus dilakukan untuk membangun kembali sisa-sisa kejayaan Gudep. Pada fase ini, Gudep kembali dikukuhkan/dilantik untuk yang ke-2 kalinya (yakni pada tanggal 26 Maret 2011) sebagai Gudep resmi di lingkungan Kwarcab Medan.
  5. Tahun 2010 – sekarang : Masa kebangkitan kembali pramuka SMA Negeri 2 Medan dengan berbagai strategi pembenahan yang dilakukan Pembina. Kini Gudep 15273-15274 kembali berkiprah dalam berbagai kegiatan kepramukaan. Tercatat beberapa kegiatan di luar Gudep yang diikuti :
    • One Land Scout Jamboree tahun 2010 di Kelantan, Malaysia.
    • 12th Malaysian Jamboree and Terengganu International Scout Jamboree tahun 2011 di Kuala Terengganu, Malaysia.
    • Kemah Pemuda se-Kota Medan tahun 2011 di Medan.
    • Raimuna Ranting Medan Polonia tahun 2011 di Medan.
    • Raimuna Cabang Medan tahun 2012 di Medan.
    • Raimuna Daerah tahun 2012 di Sibolangit, Sumatera Utara.
    • Perkemahan Pramuka Putri Tingkat Nasional Tahun 2012 di Sungai Gelam, Jambi.

Kepedulian sekolah terhadap pramuka juga berbeda-beda setiap tahunnya. Ada Kepala Sekolah yang peduli tapi banyak pula yang biasa-biasa saja. Sebagaimana lazimnya berlaku di Gudep berbasis sekolah, maka Kepala Sekolah otomatis akan diangkat menjadi Ketua Majelis Pembimbing Gugusdepan (Kamabigus) tanpa mempertimbangkan minat dan kepeduliannya. Rumusan inilah yang dirombak total pada tahun 1994-1996. Sejarah Gudep mencatat terpilihnya tokoh dari luar sekolah sebagai Kamabigus, yakni Kak (Alm.) DR. H. Mustafa Majnu, M.Sc. atas pertimbangan bahwa pramuka akan lebih maju di bawah kepemimpinan beliau.

Unsur yang tidak kalah pentingnya adalah keberadaan sosok PEMBINA. Gudep sangat beruntung karena dari seluruh rangkaian kepemimpinan MABIGUS yang berganti-ganti dari masa ke masa, sejarah Gudep mencatat keteguhan dan kesabaran seorang Guru Agama Islam di SMA Negeri 2 Medan sebagai Pembina Pramuka, yakni Kak Drs. H. Muhammad Nasib Selmi. Berikut ini nama-nama guru yang pernah tercatat sebagai Pembina, Pembantu Pembina, dan anggota Mabigus Gudep 273-274 SMA Negeri 2 Medan :

  1. Kak Drs. H. Sumal DS (Almarhum)
  2. Kak H. Abdul Halim Daulay, SE (Almarhum)
  3. Kak DR. H. Mustafa Majnu, M.Sc (Almarhum)
  4. Kak Jonni Zainuddin (sekarang masih mengajar di SMA Negeri 2 Medan)
  5. Kak Dra. Dahlia Harahap (sekarang purna bakti Guru SMA Negeri 2 Medan)
  6. Kak Dra. Hj. Rebecca Girsang (sekarang Kepala SMA Negeri 1 Medan)

Sesuai dengan pengelompokan pesdik di sekolah, maka saat ini Gudep masih melakukan pembinaan terhadap pesdik yang berada di kelas X, XI, dan XII, yaitu :

  1. Angkatan 38, yaitu pesdik yang bersekolah di SMA Negeri 2 Medan tahun masuk 2013.
  2. Angkatan 37, yaitu pesdik yang bersekolah di SMA Negeri 2 Medan tahun masuk 2012.
  3. Angkatan 36, yaitu pesdik yang bersekolah di SMA Negeri 2 Medan tahun masuk 2011.

Di tahun pertama, pesdik akan mengalami masa-masa belajar dan berlatih yang menyenangkan, seru, menantang, kreatif, dan penuh rasa persaudaraan. Di tahun kedua, pesdik mulai diberikan tanggung jawab sebagai Sangga Kerja (yaitu semacam tugas kepanitiaan) dalam setiap kegiatan di Gudep. Di tahun ketiga, pesdik menjadi lebih mandiri dan siap diberikan tanggungjawab memimpin satuannya, atau biasa disebut sebagai Dewan Ambalan. Demikian regenerasi Gudep terjadi dari tahun ke tahun.

KINI Pramuka SMA Negeri 2 Medan telah terorganisir dengan baik di bawah pengelolaan Mabigus/Pembina dan dukungan penuh (moril/materil) dari para alumni Pramuka (PURNA BAKTI AMBALAN) dari seluruh Angkatan yang rata-rata telah mencapai sukses dalam karir dan kehidupannya. Berikut ini susunan Kepengurusan Gudep berdasarkan Musyawarah Gugusdepan 15273-15274 pada tanggal 26 April 2012 yang lalu :

Ketua
Wakil Ketua
Sekretaris
Ketua Harian
Anggota
 
 
 
Pembina Putra
Pembantu Pembina Putra
 
 
Pembina Putri
Pembantu Pembina Putri
: Drs. M. Abdu Siregar (Kepala SMA Negeri 2 Medan)
: Jonni Zainuddin (Guru Senior SMA Negeri 2 Medan)
: Yulia Indawardhani, SS, MSP (Alumni 1993)
: Drs. H. M. Nasib Selmi (Guru Purna Bakti SMA Negeri 2 Medan)
: 1. Drs. Kasiman Berutu (Alumni 1991)
  2. Sulaiman Ginting, SP, M.E (Alumni 1992)
  3. Fauzi Chairul F, SH, M.Hum (Alumni 1993)
 
: Drs. Suprianto (Guru SMA Negeri 2 Medan)
: Ardi Kurniadi Harahap, ST (Alumni 1993)
  Awaluddin Nasution (Alumni 1993)
 
: Dra. Lin Rismawati (Guru SMA Negeri 2 Medan)
: Evarianta Ginting, S.Sos (Alumni 1991)
  Ririen Tiurma Riana Hutapea, A.Ks (Alumni 1994)

&&&&&

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s